PENGARUH KEBIJAKAN PEMERINTAH KOLONIAL TERHADAP BANGSA INDONESIA DALAM BERBAGAI BIDANG

1.      Pengaruh Dalam Bidang Ekonomi
Kebijakan ekonomi pemerintah Kolonial Hindia Belanda di Indonesia amat dipengaruhi oleh kondisi perekonomian dalam negeri Belanda. Misalnya pada saat pemerintah Belanda mengalami difisit keuangan maka di Indonesia dilaksanakan sistem cultuur stelsesl. Dan puncak dari kebijakan ekonomi di Indonesia ialah pelaksanaan politiki pintu terbuka pada tahun 1870.

Pelaksanaan politik pintu terbuka tersebut telah mengakibatkan era komersialisasi, moneteresisasi, dan juga industrialisasi di Indonesia. Berdasarkan dari politik pintu terbuka, banyak modal asing yang masuk ke Indonesia dan juga hal itu membuat tidak secara langsung mendorong proses industrialisasi menjadi semakin lebih cepat.

Namun, industralisasi juga membawa dampak negatif bagi bangsa Indonesia, itu karena sejak awal abad ke-19 telah terjadi banyak arus urbanisasi. Dan proses ini terjadi bersamaan dengan terbentuknya beberapa kota-kota baru di Indonesia.

Dalam bidang perdagangan, perkembangan ekonomi Indonesia sudah didominasi oleh pengaruh positif pada aktivitas perdagangan. Dan aktivitas perdagangan di indonesia sudah didominasi oleh golongan swasta asing, sedangkan untuk kaum pribumi hanya menjadi buruh dan juga sejenisnya.

Sedangkan untuk di bidang pertanian juga demikian, masuknya modal asing justru malah semakin menambah memperburuk kondisi perekonomian masyarakat pribumi. Dan hal itu disebabkan oleh banyaknya tanah masyarakat yang mesti diserahkan kepada asing untuk ditanami tanaman ekspor. Kondisi sektor perikanan juga tak jauh berbeda. Bidang perikanan pula didominasi oleh pihak swasta asing dan juga pemerintahan Kolonial.

2.      Pengaruh dalam bidang politik dan pemerintahan
Kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah Kolonial memang amat memengaruhi kekuasaan para penguasa lokal Indonesia, seperti raja, sultan, dan adipati atau Bupati.

Para penguasa lokal pada umumnya hanya sebagai boneka dari para penguasa Kolonial. Perubahan kekuasaan tersebut terjadi ketika Deandels mulai menerapkan kebijakan bahwa semua Bupati ataupun pejabat kerajaan menjadi pegawai pemerintah dan mereka menerima gaji setiap bulannya.

Maka dengan kebijakan seperti itu, secara de jure atau hukum para penguasa local memang tampil sebagai pimpinan wilayah kekuasaannya. Namun, akan tetapi sebenarnya secara de facto atau kenyataan yang berkuasa ialah pemerintah Kolonial. Para penguasa lokal hanyalah sebagai alat guna menjalankan pemerintah penguasa Kolonial.

3.      Pengaruh dalam bidang sosial
1)      Mobilitas sosial
Dalam stuktur masyarakat Kolonial, mobilitas sosial dikalangan penduduk pribumi hampir tak pernah terjadi. Bangsa Indonesia masih tetap menduduki status sosial terbawah. Mobilitas hanya dapat dilakukan oleh para bangsawan yang mempunyai hubungan baik dengan pemerintah Kolonial.

2)      Stratifikasi sosial
Dengan diberlakukannya kekuasaan kolonial maka stratifikasi sosial masyarakat Indonesia juga banyak mengalami perubahan. Orang-orang Belanda dengan semua kekuasaannya mengambil alih kedudukan kaum bangsawan sebagai golongan kelas atas dalam struktur  masyarakat Indonesia. Adapun para bangsawan turun kelapisan kedua. Lapisan ketiga tetap diduduki oleh para rakyat jelata.

3)      Demografi dan mobilitas penduduk
Demografi ataupun struktur kependudukan pada masa berkuasanya pemerintah Kolonial Hindia Belanda sudah membentuk pola kependudukan yang mengikuti sistem kependudukan modern, mulailah lahirnya desa-desa dan juga kota-kota modern menggantikan Ibu kota kerajaan.

Hubungan desa dengan kota lebih bersifat ekonomi para pejabat lokal lebih banyak sebagai kaki tangan Belanda dalam memperlancar perdagangan. Bersama dengan perubahan struktur domografi ini terjadilah mobilitas penduduk dari desa ke kota-kota yang baru saja terbentuk.

Dan selain itu kebijakan pemerintah Kolonial guna mengirim kuli kontrak keperkebunan luar pulau Jawa ikut memberi andil terjadinya mobilitas penduduk.

4.      Pengaruh dalam bidang budaya
1)      Westernisasi
Pengaruh kebudayaan barat yang diterima bangsa Indinesia sering kali disebut juga dengan westernisasi. Masuknya proses ini pada umumnya dengan melalui jalur pendidikan dan juga pemerintahan.

Perkembangan ekonomi dan pemerintahan. Perkembangan ekonomi dan juga industrialisasi setelah penerapan politik politik liberal ikut pula dalam mempengaruhi budaya Indonesia. Namun meski demikian, hanya sebagian kecil saja dari masyarkat Indonesia yang merasakan perubahan tersebut.

2)      Perkembangan pendidikan
Sebelum masuknya kolonialisme Barat ke Indonesia sistem pendidikan di Indonesia mesih bersifat tradisional. Pendidikan juga hanya dapat dinikmati oleh kalangan elite tertentu saja. Pusat pendidikan juga hanya terbatas dilingkungan keraton dan juga pesantren.

Pemerintah Kolonial dengan menerapkan politik etis sudah mencoba memberikan perhatian terhadap pendidikan bangsa Indonesia. Namun, meski pelaksanaanya masih terbatas pada anak priayi, pendidikan yang dijalankan akhirnya menghasilkan kaum terpelajar yang kelak mempengaruhi cara perjuangan bangsa Indonesia.

3)      Ideologi dan agama
Dalam bidang keagamaan, pemerintah Kolonial amat membatasi aktivitasnya dan juga melakukan kontrol ketat terhadap kegiatan keagamaannya. Tak hanya Agama Islam saja yang mengalami kontrol ketat ini, namun Agama Kristen pula mengalami kontrol yang ketat. Pengalaman menghadapi Islam terutama ketika Perang Aceh menyebabkan pemerintah Kolonial berlaku demikian.

Demikian penjelasan mengenai PENGARUH KEBIJAKAN PEMERINTAH KOLONIAL TERHADAP BANGSA INDONESIA DALAM BERBAGAI BIDANG, semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "PENGARUH KEBIJAKAN PEMERINTAH KOLONIAL TERHADAP BANGSA INDONESIA DALAM BERBAGAI BIDANG"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel