MANFAAT KEANEKARAGAMAN HAYATI DI INDONESIA

Keanekaragaman hayati merupakan sumber kekayaan alam yang mendukung kehidupan manusia untuk hidup sejahtera. Keanekaragaman tumbuhan yang bermanfaat sebagai penyedia bahan pangan, contohnya padi, jagung, sorgum, kentang, dan pula ketela. Adapun keanekaragaman hewan yang bermanfaat sebagai bahan pangan, contohnya sapi, ayam, serta ikan yang berasal dari laut dan pula air tawar.

Keanekaragaman hayati pula bermanfaat sebagai bahan dasar suatu obat. Obat yang berasal dari tumbuhan bisa berupa akar atau contohnya, ginseng, kunyit, dan pula lengkuas, buah atau contohnya, buah jeruk pecel/nipis, buah delima, dan pula buah mengkudu, daun atau contohnya, daun pepaya, daun jambu biji, daun kumis kucing, dan pula daun pandan, bunga atau contohnya, bunga cengkih, biji atau contohnya, biji kina, biji kopi, biji pala, dan pula biji kedaung, batang kayu atau contohnya, kayu manis, kayu putih, dan pula kayu kina. Obat yang berasal dari hewan, contohnya dari kuda laut, madu, telur ayam kampung, sirip ikan hiu, minyak ikan dan pula minyak ular.

Keanekaragaman hayati yang bermanfaat untuk membuat bangunan berupa rumah ataupun sejenisnya, contohnya kayu dan bambu, Kayu yang berkualitas baik berasal dari pohon jati, keruing, kalimantan, mahoni, dan dari kayu pohon kelapa yang sudah tua. Kayu-kayuan ini pula dimanfaatkan untuk membuat alat-alat rumah tangga, contohnya meja, kursi, dan lemari.

Tumbuhan hijau melalui proses fotosintesis bisa membuat udara yang kotor menjadi bersih dengan menghasilkan oksigen (O2). Oksigen menetralkan polusi udara dari asap pabrik maupnn kendaraan bermotor. Dengan banyak mengusahakan dan membangun taman kota atau penghijauan di sekitar lingkungan tempat tinggal kita, hal tersebut akan membantu memasok oksigen di alam.

Keanekaragaman hayati bermanfaat sebagai perlindungan terhadap kerusakan lahan. Seperti kita ketahui, akar tanaman akan menyerap air hujan serta melindungi tanah dari kerusakan dan pengikisan oleh air hujan sehingga tak terjadi banjir atau tanah longsor.

Selain tersebut, pohon yang rindang bisa merelakskan pikiran karena kesejukan udara di bawahnya. Secara berangsur-angsur Oksigen akan mengisi otak kita sehingga bisa bekerja untuk memecahkan permasalahan yang kita hadapi.

Keanekaragaman hayati bermanfaat sebagai alat transportasi. Beberapa hewan seperti kuda, sapi, unta, dan pula gajah ialah hewan yang dimanfaatkan tenaganya sebagi: alat pengangkut di daerah-daerah yang masih sukar dijangkau oleh kendaraan. Padi umumnya kuda dimanfaatkan di daerai pegunungan, sedangkan unta dimanfaatkan sebagai kendaraan padadaerah padang pasir.

Keanekaragaman hayati bermanfaat untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kelinci, kera, sapi, kuda, dan katak sudah sejak lama digunakan sebagai spesimen atau hewan percobaan untuk menguji hasil temuan manusia sebelum dipasarkan. Hasil percobaan diujikan pada hewan karena risikonya tak sebanyak kalau dilakukan langsung pada manusia. Apabila tak ada dampak negatif maka produk tersebut bisa dipasarkan atau dikonsumsi oleh manusia.

Keanekaragaman hayati bermanfaat sebagai penjaga keseim- bangan lingkungan, contohnya burung pipit. Burung pemakan serangga yang hidup di alam bebas tersebut akan memakan hama atau serangga secara alamiah.

Saat ini keberadaan burung pipit sudah diambang kepunahan. Hal tersebut disebabkan oleh ulah manusia yang tak bertanggung jawab. Akibatnya, terjadi ledakan populasi hama atau serangga yang sangat merugikan manusia pula.

Keanekaragaman hayati pula bermanfaat sebagai agen daur materi, contohnya hewan-hewan detritivor. Hewan-hewan detritivor ialah hewan-hewan pengurai yang bertugas menguraikan sampah dan bangkai dari tumbuhan dan hewan. Pengurai menguraikan bahan organik menjadi bahan anorganik yang akan kembali diserap dan pula dimanfaatkan oleh akar tumbuhan.

Keanekaragaman hayati mikroorganisme dimanfaatkan untuk pembuatan aneka makanan dan minuman. Makanan hasil produk mikroorganisme, contohnya tempe, tapai, kecap, keju, dan juga mentega. Pemanfaatan mikroorganisme dikenal dengan istilah revolusi putih. Itu Artinya, memanfaatkan mikroba guna menghasilkan produk tertentu atau hanya diambil jasanya sebagai perantara dalam proses pembuatannya.

Demikian penjelasan mengenai MANFAAT KEANEKARAGAMAN HAYATI DI INDONESIA, semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "MANFAAT KEANEKARAGAMAN HAYATI DI INDONESIA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel