MANFAAT KARBOHIDRAT BAGI TUBUH MANUSIA

Karbohidrat ialah salah satu senyawa organik yang terdiri atas unsur karbon, hidrogen, dan jugaoksigen dengan perbandingan 1 atom C, 2 atom H, 1 atom O (C H2 O) dilihat dari gugusan gula penyusunannya karbohidrat yang bisa dibagi menjadi tiga bagian golongan yakni antara lain monosakarida, disakarida, dan juga polisakarida.

Karbohidrat juga memiliki beberapa fungsi yakni sebagai sumber energy atau 1 gram karbohidrat yang akan menghasilkan 4,1 kalori, mengatur metabolisme tubuh, menjaga keseimbangan asam dan basa, membantu proses penyerap kalsium, mencegah terjadinya konstipasi, dan juga sebagai bahan pembentuk struktur sel, jaringan, serta organ tubuh.

Dan bahan makanan yang mengandung karbohidrat antara lain nasi, jagung, gandum, kentang, sagu, serta ketela pohon.

Pada sistem proses perencanaan makanan, karbohidrat mengalami metabolisme berupa proses hidrolisis atau penguraian menggunakan air di dalam mulut dan usus halus. Proses pencernaan karbohidrat terjadi dengan menguraikan polisakarida menjadi monosakarida.

Dan hasil pencernaan karbohidrat berupa glukosa, fruktosa, galaktosa, manosa, dan juga monosakarida lainnya. Kemudian selanjutnya zat-zat tersebut akan diserap oleh sel epite di usus halus dan akan di edarkan oleh darah menuju ke hati.

Setelah berada di hati glukosa akan di ubah menjadi fruktosa dan galaktosa. Dan glukosa akan mengalami dua proses di dalam hati. Yang pertama glukosa akan beredar bersama alairan darah untuk memenuhi kebutuhan sel-sel tubuh kita. Yang kedua jika terdat kelebihan glukosa, glukosa itu akan diubah menjadi glikogen dengan di bantu oleh hormone insulin.

Hal tersebut akan menjaga keseimbangan gula darah. Glikogen akan di simpan di dalam hati. Jika sewaktu-waktu di butuhkan glikogen akan di ubah menjadi glukosa dengan bantuan hormone adrenalin.

Glukosa juga merupakan sumber energy bagi tubuh. Tetapi untuk mendapat menghasilkan energi glukosa harus mengalami proses oksidasi. Dan prosesnya akan berlangsung secara bertahap mulai dari glikolisis, siklus krebs, dan juga sistem transport electron

Jika seseorang berlebihan mengonsumsi karbohidrat akan mengalami penyakit diabetes, karies gigi, dan juga obesites. Dan obesitas dapat memicu terjadinya terserang penyakit jantung, tekanan darah serta terserang stroke.

Demikian penjelasan mengenai MANFAAT KARBOHIDRAT BAGI TUBUH MANUSIA, semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "MANFAAT KARBOHIDRAT BAGI TUBUH MANUSIA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel