JENIS GANGGUAN DAN KELAINAN PADA SISTEM SARAF MANUSIA

Sistem saraf manusia tersusun atas berjuta-juta sel saraf yang memiliki bentuk bervariasai. Dan biasanya dalam tubuh, sel saraf saling berhubungan guna memindahkan implus listrik dari satu bagian tubuh kebagian tubuh lainnya. Dan semua sel-sel saraf pula saling bekerja sama dalam pengaturan kerja alat tubuh. 

JENIS GANGGUAN DAN KELAINAN PADA SISTEM SARAF MANUSIA
 

Tetapi sistem saraf pada manusia pula bisa mengalami gangguan-gangguan dan kelain pada tubuh manusia. Dan berikut ini ialah penjelasan tentang jenis gangguan dan kelainan pada sistem saraf manusia. Simak penjelasannya dibawah ini:

1.      Meningitis
Meningitis ialah adalah peradangan pada bagian selaput otak atau meninges yang disebabkan oleh bakteri Nessaria meningitis atau virus.

2.      Hidrosefalus
Hidrosefalus ialah adalah peradangan selaput otak sehingga cairan dalam otak terkumpul di dalam otak, dan akibatnya akan berubah menjadi besar.

3.      Neuritis
Neuritis ialah adalah iritasi pada neuron yang disebabkan oleh infeksi, kekurangan vitamin, keracuanan, atau karena adanya tekanan.

4.      Parkinson
Parkinson ialah adalah gangguan produksi dopamine pada otak karena neuron mengalami degenerasi. Kekurangan dopamine pula bisa mengakibatkan asetikolin tak bisa bekerja secara normal. Sehingga gangguan koordinasi kerja otot ini mengakibatkan seorang penderita mengalami tremor atau melakukan gerak yang tak terkendali.

5.      Geger Otak
Penyakit gegar otok ialah gangguan pada bagian dalam otak karena akibat benturan keras pada kepala.

6.      Epilepsi
Jenis penyakit epilepsi ini ialah kelainan pada neuron-neuron di dalam otak akibat adanya kelainan metabolisme, infeksi, toksin, atau kecelakaan. Dan seorang penderita epilepsi tak akan bisa merespons rangsangan pada saat kambuh. Bahkan otot-otot rangka akab nerkontraksi dan tak akan bisa dikontrol.

7.      Alzheimer
Kelainan jenis ini pada umumnya menyerang seseorang yang berusia diatas 65 tahun. Gangguan penyakit jenis Alzheimer ini pula bisa ditandai dengan berkurangnya kemampuan daya ingatan. Dan seorang penderita Alzheimer pula akan kehilangan kemampuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

8.      Afasia
Afasia ialah kehilanagan daya ingatan, sebab adanya kerusakan pada bagian otak besar bagian tengah.

9.      Ataksia
Ataksia ialah jenis penyakit degeneratif akibat menyusutnya otak kecil. Dan gejala yang dialami oleh seorang penderita penyakit ataksia tersebut ialah kesulitan dalam mengontrol gerak tubuh, tersedak saat sedang minum, dan kesulitan dalam mengeluarkan kata-kata.

Demikian penjelasan mengenai JENIS GANGGUAN DAN KELAINAN PADA SISTEM SARAF MANUSIA, semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "JENIS GANGGUAN DAN KELAINAN PADA SISTEM SARAF MANUSIA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel