Pengertian Dan Tipe MIKORIZA Dan LINCHENES

PENGERTIAN DAN TIPE MIKORIZA DAN LINCHENES - Mikoriza adalah suatu bentuk kehidupan, yakni simbiosis antara jamur dan akar pohon, seperti pinus dan melinjo. Jamur yang dapat hidup bersimbiosis ialah dari kelompok Zygomycota, Ascomycota, dan Basidiomycota.

Pengertian Dan Tipe MIKORIZA Dan LINCHENES

Berdasarkan tipe simbiosisnya, mikoriza dibedakan menjadi ektomikoriza dan endomikoriza.

Ektomikoriza
Simbiosis antara jamur dan akar pinus adalah salah satu contoh ektomikoriza. Jamur berasal dari kelompok Basidiomycota. Jamurnya hanya terdapat di permukaan luar akar inangnya. Hifa jamur menembus sampai bagian epidermis akar.

Jamur Basidiomycota akan memperluas bidang penyerapan akar sehingga pinus memperoleh pasokan air dan zat hara yang lebih banyak. Dalam hal ini, jamur tersebut tak bisa hidup tanpa bersimbiosis dengan akar tanaman.

Endomikoriza
Simbiosis antara jamur dan tanaman anggrek, kol, atau bit adalah salah satu contoh endomikoriza. Jamurnya hidup di dalam akar inangnya. Hifa jamur menembus sampai ke korteks akar. Jamur bisa hidup tanpa bersimbiosis.

Tanaman anggrek hidup bersimbiosis dengan jamur dari kelompok Ascomycota atau Zygomycota. Simbiosis ini akan membentuk bintil- bintil akar yang mampu mengikat nitrogen bebas dari udara sehingga tanaman anggrek bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

Jamur pula bisa bersimbiosis dengan tanaman kol (kubis) dan bit membentuk bintil-bintil akar pada akar tanaman tersebut. Dengan adanya bintil-bintil akar ini, tumbuhan bisa mengikat nitrogen bebas dari udara. Nitrogen ini akan digunakan oleh tumbuhan untuk pertumbuhannya.

Endomikoriza membantu pertumbuhan bintil akar pada akar tanaman dan mempercepat proses hksasi nitrogen. Dengan fiksasi nitrogen, tumbuhan bisa mengikat nitrogen bebas dari udara sehingga kebutuhan nitrogen bisa terpenuhi.

Di tembok-tembok, genting, atau pada batang pohon berkayu sering kita temukan bercak hijau keputih-putihan. Bercak tersebut sebenarnya ialah lumut kerak (lichens/liken). Meskipun disebut lumut kerak bukan berarti dia termasuk kelompok lumut.

Lumut kerak adalah simbiosis antara jamur dari kelompok Ascomycota atau Basidiomycota dengan ganggang hijau bersel satu atau ganggang hijau biru bersel satu. Dengan simbiosis ini, jamur memperoleh makanan dari hasil fotosintesis ganggang, sedangkan ganggang memperoleh air dan mineral dari jamur.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN, TIPE MIKORIZA DAN LINCHENES, semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Dan Tipe MIKORIZA Dan LINCHENES"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel