GANGGUAN-GANGGUAN TERHADAP KEANEKARAGAMAN HAYATI

GANGGUAN-GANGGUAN TERHADAP KEANEKARAGAMAN HAYATI - Terbetuknya keanekaragaman hayati yang seperti saat ini memang melalui proses yang cukup panjang. Dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki, nenek moyang kita sudah melakukan usaha dan sudah berhasil membudidayakan berbagai macam tumbuhan dan hewan untuk kepentingan hidupnya. 

GANGGUAN-GANGGUAN TERHADAP KEANEKARAGAMAN HAYATI
 
Dalam kurun waktu yang relatif cepat, para ahli pula sudah mencatat terjadinya penurunan populasi beberapa jenis tumbuhan dan hewan, bahkan sudah bayak pula yang mengalami kepunahan. Dan jumlah populasi yang sedikit mengakibatkan tak efektifnya jenis organisme tersebut karena terjadinya ketidak stabilan dan banyak mengalami inbreed atau perkawinan antarindividu yang dekat kekerabatannya yang mengakibatkan variasi genetik semakin rendah.

Dan hal ini akan sangat berdampak di rendahnya kemampuan adaptasi jenis tersebut terhadap perubahan kondisi lingkungan. Dan kegagalan adapatasi akan mengakibatkan kemampuan diri suatu spesies.

Di dasarnya, kelompok factor yang bisa mengganggu dan menjadi ancaman bagi keanekaragaman hayati ialah factor alam dan factor aktifitas manusia. Contohnya yang paling jelas ialah dari factor alam dan factor manusia. Dan contoh yang paling jelas dari factor alam ialah bencana letusan gunung, seperti saat gunung krakatu meletus di tahun 1883.

Letusan gunung Krakatau pun sudah memusnahkan seluruh jrnis tumbuhan dan hewan disekitar gunung tersebut. Namun saat ini diwilayah pulau Krakatau sudah ditumbuhai sekitar 200 spesies tumbuhan baru. Jika dinadingkan dengan kepulauan lain yang ada di dekatnya, tingkat keanekaragaman hayati pulau Krakatau masih rendah. Berbeda dengan pulau sekitar gunung Krakatau yang mempunyai kekayaan hingga mencapai 2.000 spesies.

Hasil penghitungan kemunculan spesies baru selama 50 tahun sudah menunjukan bahwa hanya sekitar 1 jenis tanaman baru muncul setiap 2 tahun sekali. Jadi, bisa kita bayangkan beberapa ribu tahun lagi waktu yang diperlukan agar Pulau Krakatau memeiliki keanekaragaman hayati yang mirip seperti pulau lainnya yang berada di sekitar Pulau Krakatau.

Factor lainnya ialah aktivitas manusia. Sudah dutarakan di sebelumnya bahwa manusia berusaha memanfaatkan segala sumber daya alam bagi kelangsungan dan kesejahteraan hidupnya. Namun dalam melakukan aktivitas manusia kadang kurang bahkan tak sama sekali bijaksana.

Nilai-nilai ekonomi yang berhubungan dengan pelestarian dari keanekaragaman hayati sudah tertutup oleh iming-iming keuntungan yang besar yang dulakukan tanpa mempertimbangkan kelangsungan ekosistem yang sudah ada. rusaknya keseimbangan ekosistem dan hilangnya habitat alam berbabagi bentuk kepunahan satwa atau menurunya keanekaragaman hayati di suatu wilayah.

Dan aktivitas yang bisa mengancam keberadaan dan kelestarian hayati antara lain ialah sebagai berikut.

1.   Usaha pertambangan.
2.   Pembukaan hutan dan penebangan hutan dalam rangka kegiatan HPH atau Hak Pengusahaan Hutan maupun HTI atau Hutan Tanam Industri.
3.   Perubahan fungsi lahan pertanian ataupun hutan menjadi pemukiman manusia.
4.   Perubahan fungsi hutan bakau yang dijadikan menjadi area pertanian ataupun tambak ikan atau udang.
5.   Penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak ataupun racun yang akan mengakibatkan kerusakan di ekosistem terumbu karang. Dan kerusakan ini akan amat berdampak buruk di populasi dan pula jenis-jenis ikan yang ada.
6.   Perburuan liar terutama di satwa langka seperti badak yang diburu guna diambil culanya ataupun burung jalak balai yang sekedar dipelihara sebagai hewan peliharaan. Perburuan besar-besaran yang hanya mengandalkan populasi alamiah pula bisa mengancam kelestarian satwa tersebtu. Contohnya, gajah untuk diambil Gadingnya, buaya yang diambil kulitnya, dan penyu yang diambil dagingnya atau telurnya.
7.   Polusi, di umumnya disebabkan oleh aktivitas industri yang sering membuang limbah cairnya ke badan-badan sungai yang lalu akan mengalir kemuara dan akhirnya mencemari lautan. Pencemaran kimiawi tersebut bersifat toksik dan mengganggu kelestarian jenis-jenis tumbuhan ataupun hewan air yang ada disekitarnya.

Demikian penjelasan mengenai GANGGUAN-GANGGUAN TERHADAP KEANEKARAGAMAN HAYATI, semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "GANGGUAN-GANGGUAN TERHADAP KEANEKARAGAMAN HAYATI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel