TEORI MASUKNYA AGAMA HINDU DAN BUDDHA DI INDONESIA

1.      Teori masuknya agama Hindu ke Indonesia
Ada beberapa teori yang dikemukakan oleh para ahli mengenai proses masuknya budaya Hindu ke Indonesia, simak penjelasannya seperti dibawah ini:

1)      Teori brahmana
Teori ini mengungkapkan bahwa kaum Brahmana atau kaum bangsawan sangat berperan dalam upaya penyebaran budaya Hindu di Indonesia. Para Brahmana mendapat undangan dari penguasa Indonesia untuk menghadiri penobatan raja dan memimpin upacara-upacara keagamaan. Pendukung teori ini ialah J.C. van Leur.

2)      Teori kesatria
Pada teori kesatria peranan penyebaran agama serta budaya Hindu dilakukan oleh kasta Kesatria. Menurut teori ini, di masa lalu di India sering terjadi peperangan antar kerajaan. Para prajurit yang kalah atau jenuh berperang, lantas meninggalkan India. Rupanya, di antara mereka ada juga yang sampai ke wilayah Indonesia.

Mereka inilah yang lalu mendirikan koloni-koloni baru sebagai tempat tinggalnya. Di tempat itu juga terjadi proses penyebaran agama dan juga budaya Hindu. C.C. Berg, Mookerji, dan J.L. Moens ialah pendukung teori kesatria.

3)      Teori waisya
Menurut teori waisya, para pedagang yang termasuk dalam kasta waisya berperan dalam menyebarkan budaya hindu ke nusantara. Para pedagang banyak berhubungan dengah penguasa beserta rakyatnya. Jalinan hubungan itu telah membuka peluang agar terjadinya proses penyebaran budaya Hindu. N.J. Krom ialah salah satu pendukung dari teori waisya.

4)      Teori sudra
Von van Faber mengungkapkan bahwa peperangan yang tejadi di India sudah menyebabkan golongan Sudra menjadi orang buangan. Mereka lalu meninggalkan India dengan mengikuti kaum Waisya. Dengan jumlah yang besar, diduga kasta Sudra yang memberi andil dalam penyebaran budaya Hindu ke Nusantara.

2.      Teori Masuknya Agama Buddha ke Indonesia
Agama Buddha memiliki sifat lebih terbuka sifatnya daripada agama Hindu. Artinya siapa saja dapat mengembangkan ajaran agama Buddha tanpa mesti memandang dari golongan mana mereka ini. Agama Buddha masuk ke Indonesia lebih awal daripada Hindu.

Diperkirakan Buddha masuk ke Indonesia abab ke-2 M. Pendapat tersebut didasarkan pada penemuan Area Buddha di Sempaga, Sulawesi Selatan abad ke-2 M. Tetapi, dalam perkembangannya agama Buddha terdesak oleh Hindu yang baru mulai masuk abad ke-4 M. Pembawa agama Buddha ke Indonesia diduga ialah berikut ini.

1)      Para pedagang; orang-orang india yang paling besar peranannya terhadap masuknya pengaruh Buddha ke Indonesia merupakan para pedagang.
2)      Dharmaduta: ialah merupakan lembaga khusus yang bertugas menyebarkan agama Buddha.

Demikian penjelasan mengenai TEORI MASUKNYA AGAMA HINDU DAN BUDDHA DI INDONESIA, semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "TEORI MASUKNYA AGAMA HINDU DAN BUDDHA DI INDONESIA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel