PENGERTIAN DAN MANFAAT VIRUS

Sejak awal penemuan dan kehadiran virus memang selalu di kaitkan dengan bermacam jenis penyakit. Virus pun bisa merugikan manusia dikarenakan bisa mengancam kelangsungan suplay bahan pangan dengan cara infeksi pada hewan ternak ataupun tanaman pangan. Dengan reputasi yang sudah dipunyainya, akankah kehadiran virus bermanfaat untuk manusia?

PENGERTIAN DAN MANFAAT VIRUS


Sumbangan virus untuk ilmu pengetahuan diberikan melalui kesederhanaan struktur virus. Berdasarkan pada sel yang terinfeksi virus, para ilmuan bisa lebih memahami kerja sel di dalam mengikuti perintah genetik agar dapat menghasilkan protein.

Hal tersebut disebabkan oleh materi genetik virus yang amat sederhana hingga lebih mudah dalam dipelajari dan juga diamati juga dibandingkan dengan sel organisme lain yang sifatnya lebih kompleks.

Virus pun bisa bermanfaat dalam proses pembuatan vaksin. Vaksin pertama dibuat jauh sebelum strukturnya itu sendiri ditemukan. Pengembangan vaksin bisa mencegah infeksi yang fatal sekaligus akan menekan angka kematian.

Sedangkan untuk sekarang ini sedang dikembangkan bermacam-macam vaksin generasi baru dengan melibatkan berbagai rekayasa genetika. Teknologi itu sudah memanfaatkan virus Vaccinia, yakni gen yang bertanggungjawab dan juga digunakan sebagai bahan vaksin guna penyakit smallpox atau cacar yang disiapkan ke dalam protein asing.

Tetapi jika Vaccinia dimasukkan ke dalam tubuh, di harapkan sel kemudian akan terinfeksi. Didalam gen sisipan tak membentuk protein asing yang kemudian akan dianggap sebagai antigen. Sedangkan, keberadaan antigen sendiri lalu akan merangsang sistem imun guna membentuk antibodi. Dan teknologi tersebut sudah dikembangkan dalam membuat vaksin smallpox, hepatitis, dan juga hipers.

Virus bisa dimanfaatkan dalam terapi gen guna penyakit yang diakibatkan oleh cacatnya gen distrofin hingga sel akan gagal membentuk protein tertentu. Prinsip dasar pada terapi gen tersebut adalah menyisipkan gen distrofin yang bersifat normal kedalam genom virus, kemudian virus akan dimasukkan ke dalam tubuh kemudian akan menginfeksi sel maka di harapkan gen distrofin yang normal bisa menggantikan gen yang telah cacat.

Sebabnya sel kemudian akan kembali membentuk protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam hal ini, virus akan digunakan sebagai kendaraan atau vehicle guna memasukkan gen sehat ke dalam sel target.

Virus pun memberikan sumbangan untuk kemajuan rekayasa genetika. Seperti yang sudah diketahui bahwa kelompok retrovirus mempunyai enzim transkrip balik yang tak ada pada organisme lainnya. Dan enzim jenis tersebut akan digunakan dalam mencetak balik DNA dari mRNA.

Gen spesifik yang menjadi target sebuah penelitian normalnya hanya mempunyai satu kopi di dalam selnya sehingga akan amat sulit untuk mengisolasinya. Tetapi sebaliknya, di dalam sitoplasma sel banyak sekali terdapat sel RNA yang mana pada dasarnya adalah  transkrip dari gen itu.

Dengan banyaknya mRNA  kemudian lebih memudahkan dalam pengisolasian. Dan mRNA yang di isolasi akan bisa menjadi cetakan dalam membuat DNA dengan memanfaatkan enzim transkrip balik. Dengan melalui enzim tersebut, proses isolasi gen spesifik akan dipermudah dengan memanfaatkan cetakan mRNA.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN DAN MANFAAT VIRUS, semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "PENGERTIAN DAN MANFAAT VIRUS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel