PENGERTIAN DAN JENIS INVERTEBRATA

PENGERTIAN DAN JENIS INVERTEBRATA - Invertebrata merupakan kelompok hewan yang tak mempunyai tulang belakang. Animalia yang termasuk ke dalam kelompok ini mempunyai habitat yang sangat beragam, mulai dari laut, sungai, darat, bahkan hingga di pegunungan. Hewan-hewan yang termasuk dalam kelompok ini umumnya mempunyai umur yang relatif singkat. Jarang ada yang hingga berusia lebih dari 1 tahun.

PENGERTIAN DAN JENIS INVERTEBRATA


Berdasarkan dari jenis simetri tubuhnya, Invertebrata bisa dikalsifikasikan menjadi kelompok hewan bersimetri radial dan juga kelompok hewan bersimetri bilateral.

Disebut hewan bersimetri radial dikarenakan tubuhnya bisa dipotong menjadi dua bagian yang simetris melalui lebih dari satu arah. Oleh sebab itu, tubuh hewan yang memiliki simetri radial umumnya berbentuk silindris ataupun membulat. Bagian tubuh atas yang dekat dengan mulut disebut juga bagian oral, sedangkan pada bagian di sebelah bawah disebut pula bagian suboral.

Sedangkan, disebut hewan bersimetri bilateral disebabkan tubuhnya bisa dipotong menjadi dua bagian yang simetris melalui satu arah saja. Oleh sebab itu, tubuh hewan yang bersimetri bilateral umumnya bisa dipotong menghasilkan 2 bagian yang simetris dari arah kepala atau cephal terus ke arah ekor atau caudal dan bidang itu berdiri ataupun vertikal dari arah atas atau superior ke arah bawah atau inferior.

Berdasarkan pada tingkat perkembangan pada lapisan tubuhnya, Invertebrata dibedakan menjadi diploblastik dan juga triploblastik. Simak penjelasannya dibawah ini:

1.      Diploblastik
Hewan yang tergolong kedalam diploblastik mempunyai dua lapisan tubuh, yakni endodermis atau bagian dalam dan ektodermis atau bagian luar, contohnya ialah Porifera dan Cnidaria.

2.      Triploblastik
Berdasarkan ada atau  tidaknya rongga tubuh atau selom, hewan triploblastik dibedakan kedalam triploblastik aselomata, triploblastik pseudoselomata, dan juga triploblastik selomata.

1)      Triploblastik Aselomata
Hewan-hewan yang termasuk kedalam triploblastik aselomata mempunyai tiga lapisan tubuh yakni ektodermis, mesodermis, dan juga endodermis dan tidak mempunyai rongga tubuh, contohnya ialah Platyhelminthes (cacing pipih).

2)      Triploblastik Pseudoselomata
Hewan-hewan golongan ini mempunyai tiga lapisan tubuh yakni ektodermis. mesodermis, dan juga endodermis yang mempunyai rongga dalam saluran tubuh. contohnya ialah Nemathelminthes.

3)      Triploblastik Selomata
Hewan-hewan yang termasuk kedalam triploblastik selomata mempunyai tiga lapisan tubuh yakni ektodermis, mesodermis, dan juga endodermis serta mempunyai rongga tubuh yang terisi oleh cairan dan ada penggantung organ yang disebut mesenteron. Contohnya ialah Annelida, Mollusca, Arthropoda, Echinodermata, dan juga Chordau atau hewan bertulang belakang.

Hewan-hewan yang termasuk kedalam kelompok Invertebrata, antara lain ialah Porifera atau hewan berpori, Cnidaria atau hewan bersengat, Platyhelminthes atau cacing pipih, Nemathelminthes atau cacing benang/cacing gilik, Annelida atau cacing gelang, Mollusca atau hewan bertubuh lunak, Arthropoda atau hewan yang memiliki kaki bersendi-sendi), dan juga Echinodermata atau hewan berkulit duri.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN DAN JENISINVERTEBRATA, semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "PENGERTIAN DAN JENIS INVERTEBRATA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel