JENIS PROSES PADA SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

Jika dipahami proses pencernaan pada manusia dan hewan sebenarnya mempunyai sebuah persamaan dan pula kemiripan, hanya saja dalam beberapa organnya mempunyai fungsi yang berbeda ataupun mempunyai kelebihan fungsi yang berbeda.

Pada dasarnya pencernaan adalah sebuah peristiwa masuknya makanan ke dalam mulut yang lalu diteruskan melalui kerongkongan hingga akhirnya masuk ke dalam sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh manusia maupun hewan.

Proses pencernaan adalah sebuah proses yang melibatkan organ-organ penceranaan dan pula kelenjar-kelenjar pencernaan. Satu kesatuan antara penceranaan, organ-organ pencernaan, serta kelenjarnya membentuk sistem pencernaan.

Sistem pencernaan berfungsi memecah bahan-bahan makanan menjadi sari-sari makan sehingga sumber makanan itu bisa diserap oleh tubuh dengan mudah.

Berikut adalah jenis proses pada sistem pencernaan manusia, yakni proses mekanis dan proses kimiawi. Simak penjelasannya dibawah ini:

1.      Proses mekanis
Pengubahan makanan dari bentuk kasar ke bentuk halus ataupun kecil dengan bantuan gerakan alat-alat pencernaan seperti gigi serta lambung. Pada pencernaan mekanis tak terjadi perubahan susunan molekul bahan makanan yang dicerna.

2.      Proses kimiawi
Proses kimiawi adalah suatu proses pelarutan dan pemecahan makanan oleh enzim-enzim pencernaan dengan mengubah makan yang bermolekul dasar menjadi molekul yang berukuran kecil.

Dengan terjadinya kedua proses itu yang saling bersinergis maka akan menghasilkan suatu proses penceranaan sempurna yang amat bermafaat bagi tubuh manusia. Jika salah satu dari dua diantara proses tersebut maka banyak masalah penceranaan ataupun gangguan penceranaan yang menimpa tubuh manusia. Kedua hal ini adalah suatu bagian yang tak bisa dipisahkan.

Dengan adanya kedua proses tersebut proses kerja dari organ-organ pencernaan tubuh manusia akan bekerja dengan baik. Jika seluruh organ bekerja dengan baik sesuai dengan fungsinya tentu saja akan berdampak positif bagi manusia.

Namun proses tersebut pula membutuhkan bantuan dari manusia yakni dengan membiasakan melakukan proses pencernaan yang bisa di atur oleh diri sendiri yakni dengan mengunyah makan sampai benar-benar lumat, sehingga sistem pencernaan bisa dikurangi resiko kerjanya.

Mengunyah makan sampai benar-benar lumat adalah salah satu usaha yang bias di kontrol manusia agar sistem pencernaan bisa bekerja maksimal dan mengoptimalkan sistem kerja organ-organ yang berperan dalam sistem pencernaan.

Organ-organ yang dimaksud antara dalam sistem pencernaa ini ialah mulut yang adalah sistem terkontrol manusia karena bias digerakkan berdasarkan perintah koordinasi otak manusia. Lalu kerongkongan, lambung, usus halus dan usus besar.

Demikian penjelasan mengenai JENIS PROSES PADA SISTEM PENCERNAAN MANUSIA, semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "JENIS PROSES PADA SISTEM PENCERNAAN MANUSIA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel